HOME TRAVEL UPDATE TEMPAT WISATA PENERBANGAN HOTEL TRAVEL AGENT TAHUKAN ANDA ? PASANG IKLAN
 

19 April 2014 04:36:04

TEMPAT WISATA
Alam & Hutan (0)
Wisata Bahari (0)
Museum (0)
Kebun Binatang (0)
Taman Bermain (0)
Religius (Keagamaan) (0)

 

MASJID KUBAH EMAS
DEPOK, JAWA BARAT

LOKASI | HOTEL | TRAVEL AGENT

Masjid Kubah Emas merupakan obyek wisata religius berupa sebuah Masjid dengan beberapa bagian Masjid terbuat dari emas. Sejak dibuka sampai dengan sekarang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Masjid yang dijuluki Masjid terbesar se Asia Tengga ini terletak di Jalan Meruyung Kelurahan Limo Kecamatan Cinere Kota Depok Provinsi Jawa Barat.

Masjid Kubah Emas berdiri di kawasan Islamic Centre Dian Al-Mahdi. Pengusaha yang berasal dari Serang yaitu ibu Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid membangun Masjid Kubah Emas ini diawali dengan membeli tanah pada tahun 1996, kemudian pada bulan April Tahun 1999 Masjid ini dimulai pembangunannya. Pada tanggal 31 Desember 2006 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1427 H, Masjid Kubah Emas kemudian resmi dibuka bagi para pengunjung yang ingin berwisata sekaligus sholat di Masjid ini.

Masjid Kubah Emas memiliki kawasan yang cukup luas yaitu sekitar 50 hektar, sementara bangunan Masjidnya sendiri menempati luas area sebesar 60 X 120 meter atau sekitar 8.000 meter persegi.

Untuk ke tempat wisata ini cukup mudah. Untuk menuju ke tempat ini diperlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Depok yang berjarak sekitar 7 Km. Dari terminal Terminal Depok kita menuju arah Sawangan sampai di pertigaan Parung Bingung kita kemudian berbelok kanan ke arah Cinere lalu menuju lokasi Masjid Kubah Emas, jarak antara pertigaan ke lokasi Masjid sekitar 1,5 km. Bagi pengunjung yang menggunakan angkutan umum dari Terminal Depok dapat menggunakan angkutan 03 menuju pertigaan Parung Bingung dari sini kemudian kita naik ojek ke tempat lokasi Masjid Kubah Emas.

Sesampai di Gerbang Masuk Kawasan Masjid, bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 2.000,- -untuk Motor, Rp. 3.000 untuk Mobil sedangkan untuk kendaraan Bus dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000,-. Masjid ini dibuka setiap hari Senin-Minggu, kecuali Hari Kamis Masjid Kubah Emas ditutup untuk persiapan sholat Jum'at keesokan harinya. Masjid Kubah Emas dibuka 2 tahap yaitu mulai dari jam 04.00 - 06.00 Wib dan jam 10.00 - 20.00 Wib.

Dari Gerbang Masuk menuju Masjid Kubah Emas jaraknya cukup lumayan namun dalam perjalanan masuk kita akan menemukan padang rumput yang cukup luas dengan pohon-pohon berukuran sedang dan besar di sekitarnya. Sesampai di tempat parkir kita akan takjub dengan luas wilayah parkirnya yang ukurannya hampir mirip lapangan bola, yaitu sekitar 7.000 m2.

Masjid Kubah Emas memiliki bangunan Kubah 5 buah yang terdiri dari 1 Kubah utama dan 4 buah Kubah kecil, untuk setiap kubahnya dilapisi emas 24 karat setebal 2 sampai 3 milimeter. Pada Kubah Utama memiliki ukuran diameter pada bagian bawah 16 meter, bagian tengah 20 Meter dengan tinggi 25 meter. Sedangkan untuk 4 buah kubah kecilnya memiliki ukuran diameter bagian bawah 6 meter, bagian tengah 7 meter dengan tinggi 8 meter.

Di setiap sudut Masjid terdapat enam menara yang berbentuk segi enam yang mirip dengan kubah di Taj Mahal dan jumlahnya dilambangkan sebagai Rukun Iman Agama Islam. Tinggi menara sekitar 40 meter yang dibalut dengan batu granit abu-abu dengan ornament melingkar, pada setiap menara di ujungnya terdapat kubah yang dilapisi emas.

Secara umum Masjid ini mengikuti struktur arsitektur yang mirip dengan Masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, menara dan halamannya. Halaman Masjid Kubah Emas ini cukup luas yaitu sekitar 45 X 75 meter dan dapat menampung jemaah sekitar 8.000 orang. Ruangannya didominasi dengan warna monokrom dengan unsur utama warna krem dan memberi karakter ruang yang tenang serta hangat, sedangkan untuk materialnya terbuat dari bahan marmer yang di impor dari Turki dan Italia. Di tengah ruang terdapat lampu gantung yang terbuat dari kuningan dan berlapis emas seberat 2,7 ton.

Di sekitar Masjid terdapat gedung serba guna yaitu berupa aula yang juga cukup luas, biasanya tempat ini digunakan pengunjung untuk beristirahat seperti duduk, tiduran atau hanya sekedar bercakap-cakap. Di aula ini terdapat dua meja panjang, untuk meja pertama terdapat tempat untuk melaminating foto yang dibuat oleh jasa pemotretan yang ada di sekitar Masjid dan kita juga dapat membeli bingkainya, sedangkan untuk meja kedua terdapat aneka minuman jus yang dijual sekitar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 10.000,-.

Di kawasan Masjid kita dapat menikmati fasilitas yang ada yaitu mini market, restoran, kios makanan, toko butik, gedung serbaguna, auditorium, gedung Islamic Center, dapur umum, dan toko souvenir.

Selesai menikmati wisata di Masjid Kubah Emas kita juga dapat berwisata alam di daerah Kota Bogor yaitu obyek wisata Kebun Raya Bogor dengan menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju arah Parung - Bogor kita sudah dapat sampai ke tempat wisata tersebut.

 

PETA LOKASI

 

  Posting Sebelumnya


•    TAMAN NASIONAL KOMODO, NUSA TENGGARA TIMUR
•    PASAR TERAPUNG MUARA KUIN, BANJARMASIN
•    MATA AIR SENJOYO, SALATIGA
•    MUSEUM BANK INDONESIA, JAKARTA
•    DANAU TOBA, SULAWESI UTARA


LINKS
Pasang Links

WEB SITES STATISTIC
Online 11
Kunjungan hari ini 401
Total Kunjungan 905188
   
IP Anda : 23.21.23.126

 


 

HOME | BERITA TRAVEL | TEMPAT WISATA | PENERBANGAN | HOTEL |
TRAVEL AGENT | PERSETUJUAN | PASANG IKLAN | HUBUNGI KAMI | TENTANG KAMI | SITE MAP

 


Copyright @2012-2013 Iklantravel.com, All Rights Reserved