HOME TRAVEL UPDATE TEMPAT WISATA PENERBANGAN HOTEL TRAVEL AGENT TAHUKAN ANDA ? PASANG IKLAN
 

23 July 2014 23:00:07

TEMPAT WISATA
Alam & Hutan (0)
Wisata Bahari (0)
Museum (0)
Kebun Binatang (0)
Taman Bermain (0)
Religius (Keagamaan) (0)

 

MONUMEN NASIONAL
JAKARTA

LOKASI | HOTEL | TRAVEL AGENT

Monumen Nasional atau yang terkenal dengan sebutan Monas adalah suatu obyek wisata berupa bangunan monumen setinggi 132 meter yang ditujukan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan pemerintah Kolonial Belanda. Adapun lokasi monumen ini yaitu di Jalan Medan Merdeka Kota Administrasi Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta.

Monas pertama kali didirikan oleh Presiden pertama Republlik Indonesia Ir. Soekarno, rancangan monumen ini telah di revisi berulang kali. Rancangan pertama di buat oleh Frederich Silaban yang merancang bangunan yang cukup megah dan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Oleh Presiden Soekarno rancangan tersebut diminta untuk diubah dikarenakan kondisi keuangan Negara pada saat itu belum bisa memenuhinya. Dikarenakan Frederich Silaban tidak ingin mengubah rancangan tersebut dengan usulan agar pembangunannya ditunda sampai kondisi keuangan Negara pulih kembali, untuk itu Presiden Soekarno meminta arsitek R.M. Soedarsono untuk dapat melanjutkan rancangan tersebut. Oleh R.M. Soedarsono rancangan tesebut diberikan angka 17, 8 dan 45 sebagai simbol Kemerdekaan RI.

Monumen ini kemudian mulai dibangun pada tahun 17 Agustus 1961, yang diarsiteki oleh Frederich Silaban dan R M Soedarsono.

Monumen Nasional ditempatkan di sebuah lapangan yang sudah beberapa kali berganti nama, mulai dari Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan terakhir Taman Monas.

Letak obyek wisata ini cukup strategis dikarenakan berada di pusat kota, maka untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah. Sebaiknya bila ingin berlama-lama di tempat ini, kita harus berangkat lebih pagi dikarenakan kondisi lalul lintas Jakarta sering macet sehingga kita tidak dapat memprediksi lama perjalanan menuju ke lokasi ini. Menuju tempat ini dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum yaitu busway atau angkutan umum lainnya. Harga tiket busway yaitu Rp. 3.500,-, dari arah Halte Harmoni kita dapat turun di Halte IRTI untuk selanjutnya kita dapat berjalan kaki ke Taman Monas melewati tempat parkir IRTI.

Lapangan Monas atau Taman Wisata ini mempunyai area yang cukup luas yaitu sekitar 80 hektar, dengan Monumen Nasional tepat berada ditengah-tengahnya.

Di taman wisata ini kita bisa temukan pohon-pohon rindang yang sengaja di tanam sebagai hutan kota untuk mengurangi polusi udara di tengah kota Jakarta. Di tempat ini juga dilengkapi tempat berolah raga serta terdapat jalan yang biasa digunakan untuk pijat refleksi. Jalan ini dibuat dari ribuan batu kecil-kecil yang disusun rapi sesuai dengan ukurannya. Susunan-susunan batu tadi membentuk pola yang mempunyai tingkat ketajaman yang berbeda-beda di setiap blok.

Monumen Nasional memiliki beberapa bagian yaitu Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan.

Museum Sejarah Nasional adalah sebuah ruangan yang memiliki luas 80 x 80 meter dan terdapat pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah. Ruangan besar dan berlapis marmer ini dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang, didalamnya juga terdapat 48 Diorama. Diorama ini ditempatkan secara teratur sehingga mempunyai alur cerita yang menceritakan mengenai perjalanan sejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah, zaman kerajaan serta di zaman penjajahan bangsa eropa. Alur cerita diorama ini dapat kita ikuti searah jarum jam.

Sekedar informasi museum ini dibuka setiap hari mulai jam 08.00 sampai dengan jam 15.00 wib namun pada hari senin pekan terakhir tempat ini di tutup untuk umum. Harga tiket masuk ke tempat ini yaitu Rp.20.000,- untuk dewasa dan Rp. 10.000,- untuk anak-anak. Tiket ini dapat kita beli pada loket dari pintu masuk sebelah utara Monas ini.

Di bagian dalam Monumen ini terdapat Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater. Di dalam ruangan ini terdapat naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI yang di simpan di dalam kotak kaca dalam pintu gerbang berlapis emas. Pintu ini dikenal dengan nama “Gerbang Kemerdekaan” yang secara otomatis akan membuka seraya memperdengarkan lagu Padamu Negeri serta diikuti rekaman suara Presiden RI Soekarno yang sedang membacakan Naskah Teks Proklamasi.

Untuk menaiki Pelataran Puncak Monumen ini kita harus menggunakan lift, namun sebelumnya kita harus membeli tiket seharga Rp. 7.500,- untuk Dewasa dan Rp. 3.500,- untuk anak-anak.

Pelataran Puncak ini berukuran 11 X 11 meter dengan ketinggian 115 meter dari permukaan tanah, serta memiliki daya tampung pengunjung sekitar 50 orang. Dari pelataran ini kita dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta dan bila kondisi cuaca cukup bagus kita juga akan dapat melihat Gunung Salak yang terdapat di Kabupaten Bogor – Jawa Barat.

Pada puncak monumen terdapat cawan yang menyangga sebuah lampu yang mirip Lidah Api yang terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan dilapisi emas yang awalnya seberat 35 Kg sekarang ini oleh pemerintah telah ditambah menjadi 50 Kg. Lidah api ini berukuran tinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Lidah Api ini melambangkan semangat Bangsa Indonesia yang menyala-nyala dan tak kunjung padam.

Dilihat dari keseluruhan Tinggi pelataran cawan dari dasar 17 meter, sedangkan rentang tinggi antara ruang museum sejarah ke dasar cawan adalah 8 m (3 meter dibawah tanah ditambah 5 meter tangga menuju dasar cawan). Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar, berukuran 45 x 45 meter, semuanya merupakan pelestarian angka keramat Proklamasi Kemerdekaan RI (17-8-1945).

 

PETA LOKASI

 

  Posting Sebelumnya


•    KEBUN RAYA BOGOR, BOGOR BOTANICAL GARDENS
•    KLENTENG SAM PO KONG, SEMARANG
•    DANAU LINOW, DANAU DENGAN PESONA WARNA
•    TAMAN NASIONAL BUNAKEN, WISATA LAUT, MANADO
•    DANAU TONDANO, MINAHASA, SULAWESI UTARA


LINKS
Pasang Links

WEB SITES STATISTIC
Online 16
Kunjungan hari ini 3721
Total Kunjungan 1210908
   
IP Anda : 54.242.112.71

 


 

HOME | BERITA TRAVEL | TEMPAT WISATA | PENERBANGAN | HOTEL |
TRAVEL AGENT | PERSETUJUAN | PASANG IKLAN | HUBUNGI KAMI | TENTANG KAMI | SITE MAP

 


Copyright @2012-2013 Iklantravel.com, All Rights Reserved