HOME TRAVEL UPDATE TEMPAT WISATA PENERBANGAN HOTEL TRAVEL AGENT TAHUKAN ANDA ? PASANG IKLAN
 

02 September 2014 20:57:08

TEMPAT WISATA
Alam & Hutan (0)
Wisata Bahari (0)
Museum (0)
Kebun Binatang (0)
Taman Bermain (0)
Religius (Keagamaan) (0)

 

CANDI BOROBUDUR
CANDI TERBESAR DI INDONESIA

LOKASI | HOTEL | TRAVEL AGENT

Candi Borobudur, Candi Borobudur adalah satu tempat wisata di Jawa tengah. Apabila wisatawan berkunjung di daerah Jawa tengah atau Jogjakarta, biasanya Candi Borobudur akan masuk dalam daftar lokasi yang akan dikunjungi.

Borobudur merupakan Candi terbesar yang ada di Jawa Tengah, Indonesia tepatnya daerah Magelang. Bila melalui Yogjakarta jarak tempuh yang kita lalui yaitu sepanjang 40 KM atau sekitar 1 jam perjalanan, selama diperjalanan kita juga dapat melihat beberapa candi-candi yang berdiri megah dan cukup terkenal salah satunya yaitu candi Prambanan, pemandangan ini membuat kita tidak akan bosan selama diperjalanan menuju Candi Borobudur.

Memasuki kawasan Candi Borobudur, kita akan melewati kios-kios yang menjual beraneka macam souvenir yang berhubungan dengan Candi Borobudur, terdapat juga warung-warung makan apabila kita tidak sempat makan dengan harga yang cukup terjangkau. Di sekitar Gerbang Pintu masuk Kompleks Candi Borobudur banyak terdapat pohon-pohon tinggi yang cukup rindang sehingga bila panas terik kita dapat berlindung di bawah pohon tersebut.

Sebelum memasuki obyek wisata Candi Borobudur terlebih dahulu kita harus mengantri untuk membeli tiket masuk dengan harga Rp. 30.000,- per orang untuk Wisatawan Dalam Negeri, sedangkan untuk Wisatawan Luar Negeri dikenakan tiket masuk 20 dollar Amerika. Perlu diketahui pintu gerbang masuk kawasan kompleks Candi baru akan dibuka pada pukul 07.30. Untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Candi, pengunjung dilarang membawa makanan ke kawasan candi. Pemeriksaan barang bawaan pengunjung dilakukan oleh petugas di pintu masuk menuju candi.

Jarak antara pintu dan Candi sekitar 500 meter, yang mengharuskan kita untuk berjalan kaki. Namun hal ini tidak akan terasa dikarenakan selama berjalan kaki kita diperdengarkan suara musik dengung jawa sehingga seolah-olah kita berada di masa lampau yang mana disekitarnya tumbuh pohon-pohon besar yang berjejer selama berjalan kaki menuju Candi, nuansa kedaerahan adat jawa sangat kental di sini. Mendekati area Candi terlebih dahulu kita diwajibkan untuk memakai kain sarung yang bercorak kotak hitam putih, sebagai tanda penghormatan terhadap peninggalan leluhur.

Candi Borobudur ini dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana, yaitu di masa pemerintahan Dinasti Syailendra. sekitar tahun 800 Masehi, atau Abad ke 9. Walaupun sudah berdiri lebih dari sepuluh abad yang lalu, candi ini masih tampak kokoh dan megah.

Candi Borobudur ini dibangun dengan bahan utama batu sungai, batu ini di tumpuk dan disambung tanpa menggunakan semen atau perekat. Batu-batu ini hanya disambung berdasarkan pola. Semua batu tersebut diambil dari sungai di sekitar Candi Borobudur. Candi borobudur memiliki 10 tingkat, yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar dan 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama. Di setiap stupa terdapat patung Budha. Total ketinggian bangunan ini adalah 42 meter.

Jauh sebelum sampai bangunan candi, yaitu tepatnya di pelataran candi, adalah lokasi yang tepat untuk mengambil gambar atau berfoto. Karena di lokasi inilah badan candi terlihat utuh, sangat cocok untuk pengambilan gambar.

Mendekat ke badan candi, ukiran-ukiran yang ada di batu, serta penataan batu yang sangat rapi akan menambah kekaguman kita. Kalau kita perhatikan, bangunan ini dibuat seperti permainan lego. Batu ditumpuk dan dirangkai serta diberikan pahatan dan ukiran. Dan yang menambah kekaguman lagi, setiap ukiran di batu mempunyai makna dan mempunyai alur cerita, bukan semata hanya untuk mempercantik candi.

Di dalam candi ini terdapat beberapa stupa yang konon kabarnya di dalam stupa tersebut terdapat patung yang apabila patung tersebut berhasil kita sentuh akan membawa keberuntungan buat kita, namun hal ini hanyalah bagian dari cerita mengenai candi ini. Sesampai di tingkat atas kita akan melihat panorama alam di sekitar candi tersebut yang begitu menakjubkan, pada arah selatan akan terlihat pemandangan alam yaitu gunung Merapi dan di sebelah timur pun terdapat pemandangan gunung, hal ini membuat kita semakin betah berada di puncak Candi ini walau terasa panas terik bila di siang hari namun pemandangannya membuat hal tersebut tidak terasa.

Bla telah puas menikmati keindahan candi serta alam sekitar, kita dapat menikmati suasana di sekitar candi dengan berstirahat di bawah pohon yang berjejer menuju gerbang keluar namun jangan lupa untuk mengembalikan kembali kain motif kotak hitam putih yang kita pinjam selama berada di candi.

Kita tidak akan pernah menyesal untuk mendatangi tempat wisata ini karena kita telah berkesempatan melihat salah satu bukti kehebatan dan kecerdasan manusia yang pernah dibuat di Indonesia dan juga adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia.

 

PETA LOKASI

 

  Posting Sebelumnya


•    KEBUN BINATANG RAGUNAN, TAMAN MARGASATWA


LINKS
Pasang Links

WEB SITES STATISTIC
Online 40
Kunjungan hari ini 3367
Total Kunjungan 1369619
   
IP Anda : 54.166.135.200

 


 

HOME | BERITA TRAVEL | TEMPAT WISATA | PENERBANGAN | HOTEL |
TRAVEL AGENT | PERSETUJUAN | PASANG IKLAN | HUBUNGI KAMI | TENTANG KAMI | SITE MAP

 


Copyright @2012-2013 Iklantravel.com, All Rights Reserved